Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di Xiaomi Redmi Note 9 Pro (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Kali ini saya akan share cara mengetasi SIM card tidak terbaca di Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Oke ini adalah pengalaman pribadi yang saya alami sendiri, semoga membantu untuk yang mengalami permasalahan yang sama.

Ada beberapa metode yang paling sering dilakukan dan harus dilakukan jika Redmi Note 9 Pro mengalami permasalahan seperti SIM card yang tidak terbaca. Di sini akan kami berikan juga beberapa cerita latar belakang dari Redmi Note 9 Pro yang saya miliki.

Jadi beberapa waktu yang lalu saya membeli Redmi Note 9 pro dan ternyata walaupun baru tidak bisa terbaca SIM Card. Setelah mencari tahu berbagai cara untuk mengatasinya akhirnya bisa untuk menggunakan metode yang ada di sini.

Penasaran bukan? Langsung saja kita bahas satu persatu.

Kenapa SIM Card Tidak Terbaca?

Untuk memecahkan sebuah permasalahan kita harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

Beberapa permasalahan yang kerap terjadi adalah terjadi permasalahan dengan SIM Tray (tempat meletakan kartu SIM), bisa jadi kotor atau ada debu. Kemudian masalah bug software, ataupun permasalahan jaringan ataupun kartu sendiri.

Silakan gunakan beberapa cara mengtasi SIM Card tidak terbaca berikut ini sembari cek satu persatu penyebabnya.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca Studi Kasus Untuk Redmi Note 9 Pro

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa ada banyak metode yang bisa digunakan. Agar lebih pas dan juga lebih cepat berhasil maka kamu bisa mencobanya satu persatu sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

1.      Buka Tutup Sim Tray

Pertama kali hal yang paling mendasar adalah di bagian Sim Tray. Saat kita mengalami sebuah kejadian dimana kartu sim tidak terbaca, maka pastinya kita akan memiliki sebuah cara mudah yang bisa kita gunakan yaitu dengan melepas dan memasang lagi sim card dari Sim Tray.

Cukup gunakan alat atau ejector yang biasanya diberikan saat kita membeli sebuah smartphone. Kemudian masukan kembali dan tunggu beberapa saat. Biasanya ada sedikit kotoran yang mungkin menempel di sirkuit tersebut.

Kamu juga bisa mencoba menukar sim dengan kartu sim lain untuk mencoba memastikan apakah sim kita dalam kondisi yang baik. Biasanya penyebab dari permasalhan di sim tray ini pemasangan yang kurang benar, kotoran dan debu.

2.      Reset Sim Toolkit

Nah cara kedua mengatasi SIM Card tidak terbaca adalah dengan reset Sim Toolkit. Salah satu penyebab yang umum terjadi adalah permasalhan software atau bisa dibilang bug. Terkadang dengan Reset Sim Toolkit ini permasalahan bisa terselesaikan.

Persyaratan utama untuk menggunakan akses Sim Toolkit adalah bahwa kamu sudah pernah memasukkan kartu SIM dalam artian sebelumnya kartu sim sudah pernah terbaca ke Xiaomi Redmi Note 9 Pro kalian. Sehingga cara ini tidak berfungsi baik untuk hp baru yang langsung tidak mau membaca SIM.

Ikuti beberapa langkah berikut di Redmi Note 9 Pro unutk mengatasi permasalahan SIM tak terbaca menggunakan SIM Toolkit:

  • Masuk ke Settings > Apps > Manage Apps.
  • Cari Sim Toolkit, dan masuk ke pilihan aplikasi satu ini.
  • Lanjutkan dengan Force Stop dan juga Clear data.
  • Selesai

Sekali lagi metode ini sangat ampuh untuk kalian yang sudah melakukan cek dengan metode pertama, dan sebelumnya sudah memasukan sim ke smartphone alias Redmi Note 9 Pro sudah pernah membaca sim kalian.

3.      Factory Reset

Jika cara di atas masih belum bisa menyelesaikan permasalahan kalian ada satu lagi cara ampuh yang sebenarnya saya pribadi tidak rekomendasikan, kenapa? Karena semua data yang kamu miliki akah hilang. Ya, metode ketiga ini adalah dengan menggunakan stelan pabrik alias Factory Reset.

Lalu bagaimana kita bisa melakukan Factory Reset dengan mudah? Ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Masuk ke Settings > About Phone > Backup & Reset.
  • Cari di bagian bawah Erase all data (factory reset).
  • Pilih di bagian All files on the phone yang paling atas.
  • Akan muncul peringatan dan tunggu beberapa detik klik OK.
  • Setelah itu smartphone akan otomatis ter restart dan kamu bisa melakukan setting dari awal.

Terkadang dengan menggunakan Factory Reset ini bisa dengan mudah untuk mengatasinya. Jika masih belum bisa juga kita bisa menggunakan langkah terakhir yang ada di bawah ini.

4.      Hubungi Xiaomi Service Center

Khusus untuk kasus Redmi Note 9 Pro yang saya miliki, ada beberapa hal membuat tidak bisa diselesaikan dengan cara yang ada di atas. Permasalahannya adalah ini merupakan barang baru, dan baru saja saya unboxing dan saya masukan sim ke dalamnya dan langsung tidak terbaca.

Nah kemudian saya menghubungi Xiaomi Service Center melalui fitur chatting, kamu bisa akses dengan menggunakan link service Center di sini. Setelah saya menghubunginya kemudian mereka menyarankan untuk menghubungi Service Center terdekat.

Perlu diingat ya bahwa barang yang saya miliki ini adalah varian resmi ya alias garansi Xiaomi resmi. Selanjutnya saya datang ke service center terdekat dan ternyata permasalahan ada di sim tray yang memang rusak atau tidak layak pakai. Kemungkinan terjadi permasalahan dalam produksi.

Akhir Kata

Umumnya permasalhan sim tidak terbaca ini terjadi dengan beberapa penyebab utama.

Pertama, terjadi di faktor sim tersebut misalnya kerusakan fisik sim, kemudian masalah jaringan, dan juga masalah provider internet. Masalah yang tidak ada sangkut pautnya dengan hp yang kita miliki.

Kedua, masalah terjadi pada software. Nah, bagi tukang oprek seperti saya pasti sering mengalami bahwa custom rom juga menjadi salah satu penyebab utama. Solusinya bisa flash ke software stock rom dan permasalahan selesai.

Ketiga, masalah bug. Biasanya permasalahan ini bisa diselesaikan dengan restart, ataupun keluarkan dan masukan sim tray, dan juga factory reset.

Bagaimana apakah permasalahan kalian sudah teratasi? Silakan komen di kolom komentar siapa tahu saya bisa bantu lebih rinci lagi ya? Ingat ya, cara mengatasi sim card tidak terbaca ini diambil dari kasus saya sendiri yaitu di perangkat Redmi Note 9 Pro ya? 
Yoki Andika
Yoki Andika Well. I am a passionate blogger, drama lover, Tech lover, and Game Enthusiast, which will learn to write and speak English. Glad to see you here!

Post a Comment for "Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di Xiaomi Redmi Note 9 Pro (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)"