Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesalahan Fatal Pemain Genshin Impact F2P Sebelum Adventure Rank 40

Kesalahan Pemain Genshin Impact F2P

yokiandika.com - Setelah menginjak AR 40 dan sekarang mau menginjak ke AR 41 dan membuat kesalahan fatal pemain Genshin Impact terutama untuk mode F2P, saya ingin share kepada kalian beberapa tips sehingga bisa menghindarinya. Saya sudah menyelesaikan 3 akun dengan 2 F2P (Free to Play), dan satu akun yang berbayar (walaupun hanya beberapa rupiah saja).

Hal yang menarik adalah kesalahan ini sangatlah umum bisa diderita oleh kedua player baik F2P ataupun yang benar – benar menghabiskan uang untuk bermain. Daripada penasaran langsung saja kita bahas deh mengenai kesalahan fatal pemain Genshin Impact terutama F2P.

Oh iya artikel ini ditujukan untuk lebih ke pemain gratisan ya? Selain itu di dalam artikel serta informasi ini terdapat beberapa spoiler. Jika kamu belum pernah bermain genshin impact mungkin akan sedikit mengganggu.

Kesalahan Fatal Pemain Genshin Impact

Genshin Impact adalah sebuah game Role Playing, sehingga ada yang namanya strategi yang harus ditentukan dalam sebuah pembentukan sebuah tim. Sehingga walaupun memang ada beberapa karakter yang sangat OP namun jika tidak memiliki support yang baik akan sangat sulit untuk berkembang.

#1: Menaikan Level Semua Karakter

Oke, ini adalah kesalahan yang paling fatal selama bermain Genshin Impact. Menurut saya pribadi ketika bermain genshin impact ini kita benar – benar bisa mengatur resources. Misalnya kita harus menghemat Hero Swift (item untuk meningkatkan exp karakter), resin dan sebagainya.

Contoh kesalahan paling mudah adalah kita ingin meningkatkan level semua karakter yang kita miliki. Ini adalah kesalahan terbesar dalam bermain game RPG. Kamu harus memperhatikan role dari setiap karakter.

Dalam ranah Genshin Impact, sebelum level Adventure Rank 40 game ini sangatlah mudah untuk “ditaklukan”. Menurut saya, akan baik baik saja dengan satu karakter saja yang paling dikembangkan. Mungkin karakter lain hanya sebagai pelengkap. Bukan berarti tidak dinaikan levelnya melainkan seperlunya saja.

Namun sebenarnya ini adalah kelebihan juga saat menghadapai AR40 ke atas, di AR 40 (World Level 5), musuh akan memiliki damage yang luar biasa sakit. Dan ini juga kelebihan jika kamu mengembangkan semua karakter di party, namun kekurangannya adalah Spiral Abyss.

Akan sangat sulit bagi kamu yang menghadapi musuh di Spiral Abyss hanya dengan mengandalkan satu tim. Lebih baik simpan resources kamu untuk mengembangkan carry lain di tim yang lain. Sehingga nantinya kamu memiliki 2 atau 3 tim yang siap bertempur di Spiral Abyss.

Kesimpulannya sebelum AR 40 kamu harus menyimpan resources sebanyak mungkin dan naikan satu hitter atau damager lainnya yang nantinya akan dibangun untuk tim lain. Menurut saya ini adalah strategi terbaik saat ini.

#2: Kurang “Mau” Mempelajari Mekanisme Game

Ini adalah kesalahan yang paling utama yang saya buat kedua. Nah, pertama kali saya bermain game genshin impact saya dibutakan untuk segera naik level. Semua karakter saya naikkan level, semua misi dan quest saya hajar. Jujur saya adalah orang yang termasuk juga pemula atau newbie di game RPG jadi maklum masih sangat semangat.

Kesalahan ini membuat saya temukan ketika saya membangun akun kedua saya dimana ada cara yang lebih efektif. Pertama kita harus paham dasar mekanisme game ini. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan di game genshin impact. Dan semuanya sudah dijelaskan di dalam game yang masuk ke dalam tutorial yang berjalan

Elemental Reaction: Efek penggabungan dua atau lebih element. Ini benar – benar harus dipahami guna membangun tim yang keren. Memang tidak ada yang sempurna bahkan di setiap tim ada dan pasti punya kelemahan. Namun dengan paham Elemental Reaction kamu akan menjadi lebih mudah menjalankan game ini.

Berikut ini adalah Elemental Reaction yang harus diketahui:

·         Superconduct: Cryo + Electro, efek AoE damage Cryo dan mengurangi Physical RES sebesar 50%

·         Burning: Dendro + Pyro, efek damage pyro per second.

·         Crystalize: Geo + Cryo, Electro, Hydro, Pyro, menghasilkan sebuah crystal yang akan memberikan kita shield.

·         Electro-Charge: Electro + Hydro, Electro damage per second.

·         Frozen: Cyro + Hydro, memberikan efek membeku pada target.

·         Melt: Cyro + Pyro, memberikan damage tambahan.

·         Overloaded: Electro + Pyro, memberikan AoE Pyro Damage.

·         Swirl: Anemo + Cyro, Electro, Hydro, Pyro, menambahkan elemental damage dan memperluas efek serangan.

·         Vaporize: Hydro + Pyro: Menambah stat damage.

Setiap elemental reaction ini akan bereaksi dan kamu harus benar – benar memperhatikannya. Saya tidak bilang harus hafal tapi kamu harus perhatikan sehingga mendapatkan kesempatan yang lebih baik saat membentuk tim.  

Elemental Resonance: di game genshin impact setiap karakter atau hero memiliki kekuatan berdasarkan elemen yang berbeda beda. Ada api (pyro), angin (anemo), es (cryo), electro (listrik), Hydro (air), Geo (tanah), dan Dendro (alam/natural). Nah, Elemental Resonance adalah buff atau efek yang diberikan jika dua element digabungkan di dalam tim kamu. Sebagai contoh, kamu dua hero dengan elemen pyro maka akan mendapatkan buff 20% tambahan damage.

Berikut ini adalah daftar Elemental Resonance satu tim:

  • Enduring Rock: Geo + Geo, Meningkatkan resistance dan menambah damage sebesar 15% jika menggunakan shield.
  • Fervent Flames: Pyro + Pyro, Mengurangi efek Cyro 40%. Menambahkan damage sebesar 25%.
  • Shooting Waters: Hydro + Hydro, mengurangi efek debuff Pyro sebesar 40%, dan menambahkan healing yang diterima sebesar 25%.
  • Impetus Wind: anemo + anemo, Mengurangi penggunaan stamina sebesar 15%, dan meningkatkan Movement Speed sebesar 10%, dan mempersingkat CD Skill sebesar 5%.
  • High Voltage: Electro + Electro, mengurangi pengaruh efek dari Hydro sebesar 40% dan menghasilkan Electro elemental particle setiap menghasilkan serangan Superconduct, Overloaded, dan Electro charged.  
  • Shattering Ice: Cyro + Cryo, mengurangi pengaruh efek Elektro sebesar 40%. Meningkatkan critical rate melawan musuh yang terkenal efek Frozen dengan tambahan 15%.
  • Protective Kanopi: Keempat karakter memiliki elemental yang berbeda. Mendapatkan resistensi pada setiap element sebesar 15%.

Elemental Debuff: Adalah sebuah efek dari musuh yang mengenai karakter kita. Biasanya ini adalah efek yang diberikan saat kita berada di dungeon atau domain.

  • Engulfing Strom (Electro), mengurangi Energy Recharge yang berdampak tidak bisa mengeluarkan Elemental Burst (skill ultimate).
  • Slowing Water (Hydro), menambah durasi CD untuk Elemental Skill dan Elemental Burst (Ultimate).
  • Smoldering Flames (Pyro), memberikan efek damage per second (kita akan berkurang HP karena efek ini). 
  • Condoensed Ice (Cyro), meningkatkan penggunaan stamina (kita akan kesulitan menghindari serangan).

Paling tidak sampai Adventure Rank 15 atau kalau bisa Adventure Rank 10 kamu sudah paham benar dengan Elemental di Genshin Impact untuk memudahkan permainan. Kesalahan saya adalah saya tidak paham sebelumnya. Saya hanya mementingkan attack dan damage.

#3: Jangan Kejar Artifacts



Memang harus diakui Artifacts sangatlah penting untuk digunakan namun kamu tidak perlu spam domain, ataupun spam boss. Kenapa? Alasan mudahnya adalah resources dan “modal” kita sebagai pemain gratisan terbatas.

Daripada mementingkan Artifacts ada baiknya jika kamu meningkatkan base stats, yaitu Level! Ya, kamu perlu naik level untuk mendapatkan stat terbaik. Untuk masalah Artifacts kita tunggu hingga AR 40 baru kamu kejar.

Oke, kamu mungkin bertanya, tapi bukankah ada misi dan quest (commissions) yang mengharuskan mengupgrade artifacts? Tentu kamu boleh mengupdgradenya untuk menyelesaikan misi ini tapi dengan satu syarat bahwa artifacts yang kamu naikkan adalah artifacts yang benar – benar kamu cari untuk karakter tertentu.

Saat kita masuk domain dan dungeon kita membutuhkan yang disebut dengan “Resin”. Dan setiap hari kamu hanya akan mendapatkan sejumlah maksimal 120 resin. Bayangkan setiap dungeon atau domain membutuhkan 20 resin, kamu hanya bisa masuk 6 kali. Dan item yang diberikan di dalamnya adalah random! Jadi kamu sarankan kamu lebih baik mengembangkan dan meningkatkan Talents dengan farming item talents, daripada farm artifacts.

Kesimpulannya adalah kamu harus kejar stats dasar yaitu Level, Weapon, dan Talents. Untuk Artifacts saya rekomendasikan untuk mencarinya setelah di AR 40 ke atas. Ini adalah pendapat pribadi saya ya?

#4: Jangan Dengarkan Kata Orang

Oke kesalahan fatal Genshin Impact selanjutnya adalah terlalu mendengarkan kata orang. Harus diakui banyak sekali influencer yang mengatakan karakter A jelek, karakter B tidak memiliki keunggulan dan sebagainya. Saran saya adalah jangan pernah mendengarkan kata mereka. Hal ini karena kita memiliki style berbeda.

Oke, harus diakui bahwa karakter bintang 5 atau 4 di tier S, akan lebih menguntungkan, tapi bagaimana jika kita tidak mendapatkannya? Kita harus menggunakan apa yang kita miliki dan build semaksimal mungkin. Jika kamu mendengarkan apa kata orang kamu akan kesulitan untuk mengikuti style permainan kamu sendiri.

Sebagai contoh di akun saya, karakter tim yang saya miliki adalah Chongyun, Fischl, Barbara, dan Amber. Mungkin orang bertanya kenapa saya membawa Amber? Karena dia satu satunya Element Pyro gratis tanpa gacha, simpel bukan? Selain itu saya menggunakan Amber sebagai combo Elemental Reaction saja tidak lebih.

Dan hal serupa juga jika kamu memiliki Noelle, Lisa, Sucrose, dan sebagainya. Kamu hanya perlu pelajari Elemental Reaction, Debuff, dan Resonance, buat tim yang memiliki kemampuan optimal.

#5: Lupa Eksplor

Eksplorasi Genshin Impact


Kesalahan fatal pemain genshin impact pemula selanjutnya adalah melupakan eksplorasi. Banyak pertanyaan yang saya dapatkan atau sering saya baca di internet. “Udah AR 20, tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan” dan jawaban mudahnya adalah Eksplor!

Kamu bisa mengumpulkan Geoculus, Anemoculus, menyelesaikan Time Trial Challenge, mencari Chest, Seliees, dan sebagainya. Dengan melakukan hal ini AR kamu akan bertambah dengan sendirinya. Selain itu memang bukankah game ini adalah Open World?

Oh iya sembari kamu melakukan eksplorasi, ingat baik – baik, jangan pernah membuang resorce berlebihan. Kamu harus mengumpulkan berbagai resources ini sebanyak mungkin agar kamu bisa menggunakannya nanti di lain kesempatan.

Setelah kamu berada di AR 40, kamu akan sangat kesulitan untuk mendapatkannya terutama untuk pemain gratisan. Saat berjalannya waktu nanti kamu akan tahu tim mana yang kira – kira terbaik untuk kamu. Siapa kira – kira karakter untuk DPS, Support, dan sebagainya. Ketika sudah dapatkan hal ini tinggal kumpulkan resorce sebanyak mungkin untuk mengembangkan karakter tersebut.

#7: Pastikan Pilih Banner Wish Yang Tepat!

Pastikan Memilih Banner Wish Yang Benar


Nah ini adalah kesalahan fatal yang benar – benar harus dihindari. Tergiur dengan Venti, Diluc, Jean, atau senjata yang menawan, membuat kita terlena dan kurang memperhatikan Banner Wish yang memiliki event.

Hal ini sangat merugikan untuk pemain F2P. Kesempatan untuk mendapatkan karakter bintang 5 adalah 1 kali per 90 wish. Jadi kamu harus melakukan gacha sebanyak 90 kali di banner yang sama dan itu belum pasti mendapatkan venti, diluc, jean, dan sebagainya. Saran saya adalah gacha berdasarkan Event! Misalnya event Noelle, Klee, dan sebagainya.

#6: Tidak Menikmati Game

Terakhir, kesalahan fatal pemain Genshin Impact adalah tidak bisa menikmati game. Hal ini dikarenakan kita terlalu fokus EXP, item, rank, dan sebagainya. Kamu lupa bahwa ada fitur co-op. Kamu bisa mengajak teman, dan sebagainya untuk saling membantu. Terkadang saya bahkan membantu orang – orang yang tidak dikenal dari seluruh dunia tentu di server Asia. Jadi pastikan untuk melakukan hal ini, siapa tahu nanti kamu bisa mendapatkan kenalan baru dari sana.

Bergabunglah dengan forum – forum yang memberikan akses untuk melakukan coop. Selain itu hal yang tidak kalah penting adalah kamu bisa mengetahui berbagai event menarik dengan rewards yang juga seru seperti primogems dan lain sebagainya.  

Akhir Kata

Intinya kesalahan paling utama saat kita masih berada sebelum AR 40 adalah "keserakahan". Kita ingin semua karakter kita keren, namun hal ini malah akan membuat kita kesulitan farming saat menginjak AR 40. Ingat ya di level ini kamu akan menghadapi musuh yang sangat kuat berbeda dari sebelumnya. Jadi pastikan mempersiapkan segalanya. Kumpulkan resource sebanyak mungkin dan pastikan untuk tetap terus melakukan hal yang sudah disebutkan di atas. 

Menurut kalian bagaimana nih? Apakah kalian juga mengalami permasalahan yang sama? coba share juga dong di sini!

Yoki Andika
Yoki Andika Well. I am a passionate blogger, drama lover, Tech lover, and Game Enthusiast, which will learn to write and speak English. Glad to see you here!

Post a Comment for "Kesalahan Fatal Pemain Genshin Impact F2P Sebelum Adventure Rank 40"