Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Live Streaming Di Facebook, Youtube, Twitch tv Dengan Cara Mudah


Cara Live Streaming Di Facebook, Youtube, Twitch tv Dengan Cara Mudah - Yokiandika.com - Video live streaming memang menjadi salah satu panggung hiburan baru di jaman yang serba modern ini. Adanya video streaming ini membuat kita menjadi lebih mudah menikmati berbagai hiburan yang ada di Internet. Dengan adanya berbagai media yang bisa dijadikan sebagai live streaming ini kita juga bisa menjadi seorang creator bukan hanya penikmat video streaming.

Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengnai cara live streaming di beberapa media streaming termasukfacebook, youtube, dan juga twitch tv sehinggaanda juga bisaberkreasimenjadiseorang creator video.

Untuk bisa melakukan live streaming atau menjadi seorang streamer, tentunya ada banyak cara. Nah, paling tidak di sini kita akan mengetahui bagaimana caranya untuk bisa melakukan streaming di Facebook, Youtube, dan Twitch tv dengan minimal, atau tidak menggunakan beberapa perangkat canggih yang tentunya juga cukup mahal.

Kita akan menggunakan contoh perangkat smartphone yaitu Xiaomi Redmi Note 6 pro yang dimiliki oleh admin ya? Kamu bisa menggunakan smartphone apa saja yang kamu mau kok, atau kamu juga bisa menggunakan perangkat laptop, komputer atau desktop.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengetahui Cara Live Streaming


Sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan live streaming tergantung dengan perangkat yang ingin digunakan saat melakukan live streaming. Di contoh ini kita akan melakukan mobile streaming sehingga kita membutuhkan smartphone.

Jika kamu pengen live streaming dengan menggunakan PC tentunya hal yang paling dibutuhkan adalah PC. Tapi perlu diingat sebisa mungkin PC atau desktop harus kuat dan memiliki spesifikasi yang pas ya?

Pada dasarnya untuk mengetahui cara live streaming di facebook, youtube, twitch, dan lain lain adalah

1. Perangkat Smartphone, Desktop, PC atau Laptop.

2. Facecam (optional/tidak harus ada).

3. Software Broadcast (Dalam hal ini kita akan menggunakan OBS).

4. Mirrorring Software (Kita akan menggunakan Scrcpy).

5. Media (facebook, Youtube, Twitch dan lain – lain).

Oke langsung saja kita bahas satu persatu di sini.

Cara Live Streaming Di Facebook, Youtube, dan Twitch TV


Sebenarnya cara untuk melakukan live streaming ini sangatlah mudah dan gampang. Pertama kalian hanya perlu koneksi internet yang cukup stabil untuk tetap menjaga streaming tetap aman tanpa gangguan koneksi.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana melakukan Mirroring ke OBS silakan cek artikel: Cara Mirrorring Smartphone Ke OBS Dengan Scrcpy.

Kemudian cara live streaming di Facebook, Youtube, dan juga Twitch TV ini tentunya membutuhkan setiap akun dari masing – masing media streaming tersebut, sehingga kamu perlu membuatnya satu persatu. Baiklah langsung saja kita mulai.

Cara Live Streaming Di Facebook

Facebook sudah dipastikan menjadi salah satu media yang paling populer di Indonesia. Dengan menggunakan Facebook kamu bisa melakukan streaming dengan sangat mudah. Jika kamu adalah seorang yang gemar berada di internet kemungkinan kamu sudah memiliki akun Facebook, jadi langsung saja masuk ke cara live streamingnya.

Berikut adalah langkah – langkah yang bisa digunakan:

• Masuk ke Page, jika kamu belum memiliki page silakan langsung buat dengan cara pilih menu “Create” pada halaman utama Facebook.
cara-live-facebook-page


• Kemudian di bagian post pilih video dan “Live Video” di menu silakan untuk pilih “Connect”.
cara-live-streaming-facebook


• Nah, pada cara ketiga ini kamu perlu membuka OBS yang sudah ada dan diinstall di komputer kamu silakan untuk buka OBS tersebut.

• Selanjutnya masuk ke bagian SETTING > STREAM pada OBS.

• Kemudian pada pilihan SERVICE ganti ke Facebook Live dan copy kan STREAM Key ke bagian kolom yang ada di OBS kemudian pilih APPLY.
Copykan stream key ke OBS Service

• Kamu sudah siap untuk melakukan streaming.

• Langkah terakhir adalah pilih tombol GO Live yang ada di Facebook dan kamu sudah berhasil melakukan STREAMING.


Nah itu dia cara live streaming pertama dengan menggunakan Facebook. Mari Kita lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Cara Live Di Youtube

Sama halnya dengan Facebook , kamu harus memiliki sebuah channel video Youtube terlebih dahulu jika ingin melakukan live streaming di Youtube. Untuk bisa membuatnya silakan langsung untuk login dengan menggunakan akun Youtube atau dengan menggunakan akun Google. 

Kemudian kamu akses dashboard Youtube dan tunggu selama 24 jam agar kamu bisa menggunakan channel untuk melakukan live streaming. 
cara-live-streaming-youtube

Untuk lebih jelasnya ikuti beberapa langkah berikut ini:
  • Masuk ke dashboard live. Jika mengalami kesulitan langsung saja masuk ke link berikut ini.

  • Kemudian pilih "Mulai".
  • Dan tunggu hingga proses apply diterima.


Setelah menunggu 24 jam baru kamu bisa melakukan live streaming dengan menggunakan Youtube. Nah, setelah proses diterima kamu hanya perlu memasukan STREAM KEY dari Youtube ke dalam OBS seperti yang sudah dijelaskan di bagian live streaming Facebook di atas.

Cara Live Twitch TV

Berikutnya adalah cara live Twitch TV, dimana juga cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan. 
  • Pertama gunakan akun Twitch, jika belum pernah menggunakan silakan buat akun terlebih dulu. 
  • Kemudian pilih SETTINGS > Channels and Videos.
  • Setelah itu lakukan two authentication, untuk mendapatkan STREAM KEY. Biasanya harus menggunakan nomor hp jadi pastikan punya nomor HP yang aktif.  
  • Masukkan verification code, dan dapatkan STREAM Key. 
  • Setelah itu buka obs dan masuk di SETTING > STREAM > Pilih Twitch masukkan STREAM Key yang ada di dashboard Twitch. 
  • Lanjutkan Stream Now dan selamat anda sudah melakukan streaming dengan Twitch menggunakan OBS. 
Nah itu dia beberapa cara live streaming di Facebook, Youtube, dan juga Twitch TV yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Bukankah mudah untuk melakukannya? Bagaimana menurut anda?
Yoki Andika
Yoki Andika Well. I am a passionate blogger, drama lover, Tech lover, and Game Enthusiast, which will learn to write and speak English. Glad to see you here!

Post a Comment for "Cara Live Streaming Di Facebook, Youtube, Twitch tv Dengan Cara Mudah"